Tipe Pasir Di Kota Samarinda

Posted on

Kalau kalian sekarang ini menetap di Samarinda dan sekitarnya dan kepengin membikin bangunan rumah salah satu bahan yang mesti tersedia adalah pasir, akan tetapi sebelum Anda memesannya lebih baik kalian pahami lebih dulu beberapa jenis pasir asli Samarinda, seperti pasir mahakam, pasir tenggarong, atau pasir urug / sering disebut juga pasir putih.

Kaya yang Anda tahu pasir adalah bahan yang dibutuhkan didalam membuat struktur bangunan rumah, dan struktur lain yang memerlukan bahan jenis ini sebagai material dasar pembentuk pondasi bangunan rumah. Setiap kawasan memiliki produk dengan kekhasan masing-masing dan umumnya diperdagangkan sebagai komoditas bahan lokal.

Di kota Samarinda terdapat beragam type pasir yang umum diperjualbelikan dalam pemenuhan material pembentuk pondasi bangunan, pemisahan jenis ini berdasar pada plan pemakaian pada suatu kontruksi bangunan.

Sebelum berencana membeli, mesti dipahami lebih dahulu bahan itu akan dipergunakan untuk apa? Pengerjaan yang umum dikerjakan pada sebuah pondasi beton dengan memakai bahan ini, pada umumnya dibagi jadi 3 aplikasi pemakaian, yakni sebagai berikut:

Penggunaan Untuk Aplikasi Pasang

Maksud pasang pada penggunaan aplikasi pasang, bisa diuraikan sebagai pekerjaan struktur beton bermaterial utama pasir yang dimaksudkan untuk pekerjaan pemasangan maupun penyambungan. Sebagai contoh pemasangan keramik, pemasangan bata merah, pemasangan ubin batako, pemasangan batu pondasi dan lain sebagainya.

Umumnya untuk pengerjaan pemasangan ini cukup memakai type pasir dengan butir-butir yang halus, maupun disebut pula pasir mulus, Disamping banderol yang relatif ekonomis dan type pasir ini berdasar beberapa tukang bangunan betul-betul cocok. Tetapi jika keadaan keuangan mencukupi bisa juga menggunakan tipe butiran yang kasap.

Penggunaan Untuk Aplikasi Plester

Untuk mendapat hasil dan kwalitas yang baik dalam pengerjaan plester dinding, maka untuk pemakaian skala butiran alangkah baiknya dengan type butiran yang kasap, dari jenis pasir tenggarong maupun pasir mahakam yang mempunyai skala butiran yang lebih kasar.

Penggunaan Untuk Aplikasi Pengecoran

Buat pengerjaan coran, pilih bahan dengan ukuran butiran kasar dan secuil pengotor (komponen organik dan anorganik) untuk memperoleh hasil pengecoran yang oke. Ada beberapa opsi bahan dari dalam maupun impor untuk aplikasi ini seperti: pasir urug, pasir mahakam, pasir tenggarong, pasir palu.

Buat memperkokoh hasil coran mesti dicampurkan pemakaian batu split / batu koral dengan skala 1/1, 1/2, 2/3, maupun dimensi ¾

Tipe pasir di kota Samarinda

Untuk Anda yang menetap di Samarinda maupun di seputaran kota Samarinda, yang membutuhkan komponen pasir boleh hubungi kami, tetapi sebelumnya bakal kita terangkan terlebih dahulu beberapa type pasir yang ada di kota Samarinda.

Pasir Mahakam – Pada dasarnya pasir mahakam memiliki 2 tipe atau tipe menurut ukuran butir. Dari kedua jenis itu mempunyai kekhasan tersendiri untuk jenis pekerjaan, baik pengerjaan plesteran maupun pemasangan ubin bata, dan batako.

Dimana 2 jenis pasir ini memiliki tarif yang beda, akan tetapi tak terlalu besar didalam banderol. Tarif pasir mahakam ini berkisar antara 500 ribu / 1 rit double, hingga 550 ribuan per satu ret dobel. Banderol tersebut tergantung type skala butiran dan jauh dekat pengiriman ke daerah pelanggan.

Pada dasarnya ukuran butiran sudah ditekan pada konotasi untuk pasir mahakam mulus adalah pasir dengan butir yang mulus, dan pasir kasar untuk butiran kasap. Secara umum pasir mahakam tersedia dalam skala lembut dan kasap.

Jenis butir halus

Ukuran butiran yang mulus bisa difungsikan untuk pengerjaan pemasangan bata, batako, dan pengecoran enteng. Pasir halus ini tak cocok dan bakal memperoleh kwalitas yang pengerjaan yang kurang bagus, bila diterapkan pada pengerjaan plesteran. Keadaan ini diakibatkan pasir dengan butiran yang mulus cenderung tak mudah merekat pada batako atau ubin bata.

Plus minus penggunaan pasir butiran halus:

  • Harganya agak rendah dibandingkan pasir kasap
  • Bisa dipergunakan untuk pekerjaan pemasangan keramik, bata, batako, paving dan coran ringan
  • Tidak dianjurkan untuk cor berat
  • Pasir butiran halus enggak cocok untuk pekerjaan plesteran
  • Biasanya sangat banyak sekali pengotor (lumpur, komponen batu bara, material organik lainnya)

Tipe butir kasar

Disebut pasir kasar dari tipe pasir mahakam, dengan butir yang agak besar daripada pasir halus. Pasir tipe ini tepat untuk segala pekerjaan kontruksi bangunan, termasuk pula pekerjaan plesteran.

Keunggulan dan kekurangan pemakaian pasir butiran kasap

  • Harga jual lebih mahal daripada Jenis dibanding pasir mulus
  • Amat pas untuk type pekerjaan pengecoran, pasangan kolom beton, bata, batako, keramik, sloop
  • Disarankan untuk pekerjaan plesteran dinding untuk memakai tipe pasir butiran kasar biar efektif dan kualitas bisa optimum

Demikian paparan secuil tentang 2 jenis dan banderol pasir mahakam Di kota Samarinda untuk bangunan, dengan tujuan bapak/ibu calon konsumen bisa tahu karakteristik pasir asli kota Samarinda, terkhusus pasir mahakam yang kita bagi dalam 2 type.

Kami berharap bakal pembeli bisa menentukan langkah pemesanan pasir mahakam sesuai dengan jenis pekerjaan yang akan dikerjakan. Untuk Pemesanan secara online dan bergaransi bisa mengontak kita

Pasir Tenggarong

Type tenggarong ialah pasir alam yang dihasilkan dari sedimentasi kali mahakam. Type tenggarong ini sering dipakai pada tahapan pengerjaan finishing pada rancang bangunan. Terbukti di Samarinda banyak sekali konsumen yang memesan tipe tenggarong ini.

Berbeda dengan jenis pasir lainnya, tenggarong ini memiliki kekhasan dengan butir yang kasar dengan secuil bahan pengotor. Secara umum pemakaian pasir type ini memang khusus dipakai untuk pekerjaan plester pada suatu kerangka dinding bangunan.

 

Dengan dimensi butir yang lebih kasar, maka proses pekerjaan plester lebih gampang dan mudah menyatu dengan material dinding bangunan…”ini perkataan tukang bangunan”.

Pasir putih

Tipe pasir satu ini adalah jenis pasir lokal yang terdapat di Samarinda. Tempat pengerukan pasir putih ini berada di wilayah mugirejo dan wilayah kutai lama.

Dari ke dua tempat tersebut memiliki karakteristik tersendiri yang jadi pembeda dalam mutu. Pasir putih yang dihasilkan dari wilayah kutai lama mempunyai rupa yang cerah kaya pasir pantai, dan kegunaannya dapat dijadikan sebagai bahan pasir pasang maupun pasir plester.

Sedangkan pasir putih yang didapatkan dari daerah mugirejo punya mutu yang enggak baik, dan hanya digunakan untuk pembuatan batako, dan juga sebagai pasir uruk maupun untuk bahan urugan. Urukan yang tersusun dari penggunaan pasir putih mungirejo memiliki karakteristik urugan yang kokoh dan langsung padat. Ini lain dengan urugan yang dibentuk oleh tanah lempung maupun lemah merah yang sukar dimasuki oleh air dan angin.

Tarif pasir putih bervariativ dari yang terjangkau hingga yang mahal sesuai peruntukannya. Berikut ini harga pasir putih untuk area layanan kota Samarinda:

Harga Pasir Putih

Pasir putih buat pemasangan dan plester Rp. 700rb / satu rit

Pasir putih untuk urukan 150 hingga 250 ribuan per satu ret

Customer juga mencari Pasir Mahakam

Demikian penjelasan secuil soal kegunaan pasir putih sebagai bahan bangunan rumah dan material timbunan di kota Samarinda ataupun di seputaran Samarinda.

 

Layananan penjulan pasir sebagai komponen bangunan di kota Samarinda bisa langsung menghubungi ke penjual di penampungan, dan pembelian via online atau penjual terbaik juga menjadi pilihan untuk kalian yang memiliki setumpuk pekerjaan, daripada berkeliling kota Samarinda untuk membandingkan banderol dan mencari lokasi agen type material ini.