Jual Bata merah di Sungai Siring Samarinda Utara Samarinda

Posted on

Batu bata ialah material bangunan yang digunakan untuk keperluan membentuk, memasang tembok sebuah bangunan. Dengan semakin berkembangnya pembangunan, khususnya di Samarinda, Enggak bisa diabaikan kebutuhan batu bata bertambah dari masa ke masa. Kebutuhan tempat tinggal dengan memakai material ini mendorong banyak pembuat bata merah yang berada di Samarinda dan sekitarnya untuk menambah kapasitas produksi bata merah.

Untuk mencukupi kebutuhan publik akan batu bata, para pengrajin batu bata mempergunakan 2 pola yang lazim dilakukan didalam produksi batu bata. Salah satunya yang dikerjakan dengan cara manual prosesnya amat simpel dan didukung dengan peralatan cetak yang simpel juga.

Buat ukuran produksi sedang dan besar, pembuat bata merah sekarang ini ada juga yang menggunakan mesin produksi bata merah. Di beberapa tempat di kota Samarinda dan seputaran kota Samarinda sudah ada yang memproduksi batu bata dengan metode ini. Skala produksi dengan menggunakan mesin otomatis ini mampu membuat bahan mentah sampai 4 rb unit sehari nya. Dengan skala produksi yang gede, para pengrajin mendapat biaya pembuatan yang makin murah per buahnya.

Harga batu bata merah di Samarinda terus mengalami turun naik harga, pada keadaan tertentu harga bisa melonjak mahal sangat jauh sekali di atas harga wajar. Fluktuasi harga batu bata ini dipengaruhi oleh banyak aspek, seperti aspek produksi dan faktor permintaan pelanggan kepada bahan bangunan dari tipe batu bata. Pada Saat pesanan naik, bisa mengakibatkan melambungnya harga, hal ini diakibatkan oleh sedikitnya stok bata merah di pengrajin.

Sebaliknya jika persediaan batu bata merah di pengrajin banyak, sedangkan pesanan bata merah berkurang yang dikarenakan sepinya pembangunan. Di situasi ini harga batu bata bakal menukik jauh dari harga normal. Sesungguhnya peluang pada keadaan ini kamu melaksanakan pembelian supaya mendapatkan harga batu bata yang murah dari pembuat.

ketahui Jenis dan Kegunaan Batu bata

Bata merah merupakan suatu bahan pembentuk dinding. Batu bata merah diolah dari tanah liat yang dipanaskan atau dibakar sampai warnanya merah muda. Dengan semakin berkembangnya teknologi, pemakaian batu bata merah makin lama semakin berkurang. Keluarnya bahan anyar seperti gypsum maupun bantang bambu yang sudah diramu, sekarang ini cenderung lebih digunakan lantaran memiliki harga yang lebih terjangkau dan secara desain juga terlihat lebih indah.

Namun, masih banyak juga mereka yang lebih memakai bata merah dibanding dengan bahan lain. Bata merah kenyataannya terbukti lebih awet, kuat, ekonomis, dan lebih gampang diperoleh. Selain itu, bata merah juga menjadikan ruangan dalam rumah lebih sejuk, dinding enggak cepat renteng, dan kuat api. Batu bata memiliki warna yang unik dan sangat natural sehingga banyak digunakan sebagai bata tempel untuk membuat dinding yang nampak apik.

Tetapi dari berbagai keistimewaan nya, terdapat juga kekurangan dari bata merah. Untuk menempelkan batu bata merah 1 dengan yang lain, diperlukan material penempel yang cukup banyak. Alhasil, biaya yang dibelanjakan untuk penempelnya pasti enggak sedikit. Disamping itu, sukar untuk membikin rangkaian batu bata yang rapi kalau mempergunakan bata merah. Contohnya pada dinding. Maka dari itulah, diperlukan plesteran yang lumayan banyak untuk memperoleh dinding yang rapi. Hal ini pula menjadikan proses pengerjaan dinding jadi semakin lama.

Tipe Batu bata

  1. Bata merah tanah liat

Batu bata tanah liat dipecah lagi menjadi 2 kategori, yaitu:

  • Bata merah biasa. Batu bata merah biasa punya bentuk rupa dan warna yang tidak menentu. Bata merah ini juga biasanya dipakai untuk tembok dengan menggunakan campuran semen untuk perekat. Batu bata merah jenis ini sering dikenal sebagai batu bata biasa.
  • Bata ekspos / muka. Bata merah ini memiliki rupa yang lebih halus dan memiliki warna yang sama sehingga banderolnya juga lebih mahal ketimbang dengan batu bata biasa. Selain digunakan untuk tembok, bata ekspos pun digunakan sebagai penutup tembok dan dekorasi.
  1. Bata merah penggabungan pasir dan kapur

Sesuai namanya bata merah ini dibuat dari penggabungan pasir dan kapur dengan skala 1:8. Dalam proses produksinya air dimasukan kedalam bahan sehingga terciptalah bata yang kuat. Bata ini dipergunakan pada tembok yang terendam air, yang membutuhkan tipe bata yang amat kuat dan tak cepat keropos.

Kelebihan batu bata merah

  • Dari sisi bentuk mempunyai kekuatan yang tahan lama daripada batako
  • Gampang mengesetnya karena tukang tak wajib punya keahlian khusus
  • Bongkar muat lebih gampang karena ukuran yang mini
  • Di pengerjaan yang sempit, lebih cocok mempergunakan material ini
  • Gampang diperoleh di mana saja
  • Adem dari segi suhu ruangan karena bisa mengimbangkan dengan udara luar
  • Kuat terhadap api
  • Minim timbul pecah pada dinding
  • Tak memerlukan perekat tertentu.

Keminesan batu bata

  • Rupanya yang tidak seragam menimbulkan kesukaran didalam membangun dinding yang rata
  • Boros dalam pemakaian bahan perekat sebab mempunyai ruang yang besar
  • Gampang menyerap suhu sehingga ruangan terasa panas tatkala musim kemarau dan sejuk tatkala musim hujan
  • Mutu tak bisa diketahui dengan benar sebab diproduksi secara tradisional
  • Pemasangan yang tak teratur membutuhkan penerapan bahan plester yang tebal
  • Punya bobot yang berat daripada bata ringan sehingga harus ditopang struktur yang ribet
  • Masa pengeringannya relatif panjang dibanding bahan yang lain.

Cara memilih bata merah untuk jadi bahan kontruksi bangunan rumah

Biarpun batu bata jadi salah satu dari beberapa bahan yang dipakai untuk bangunan akan tetapi bukan bermakna dapat diabaikan begitu saja. Berikut cara membeli bata merah yang oke berkualitas dan bermutu.

Lihat Skala dan Wujudnya

Pada umumnya batu bata merah wujudnya kotak dengan ukuran kurang lebih 5 x 8 x 20 cm. Batu bata yang bagus punya ciri diantaranya skalanya simetris dan bentuknya beraturan. Selain itu, pori pada atas batu bata pun seharusnya lebih dekat sehingga efeknya dinding enggak akan cepat rembes.

Perhatikan kekuatan dan volume gesekan

Tips selanjutnya ini ialah dengan membentur-benturkan dua buah bata merah. Kalau suaranya jelas maka batu bata tersebut bermutu & berkualitas. Disamping mebentur-benturkan 2 unit batu bata, Anda bisa pula memukulkan besi pada bata merah. Kalau volumenya jelas maka kwalitas bata merah itu tidak usah diragukan.

Meletakannya didalam air atau memecahkannya

Tip lainnya untuk melihat apakah batu bata yang kalian pilih berkualitas dan bermutu atau tak yaitu dengan merendamnya didalam air. Jika didalam sepersekian menit batu bata merah tampak basah semuanya menunjukan batu bata merah tersebut buruk. Sebaliknya, jika sehabis ditaruh dalam air tetap kering di beberapa bagiannya maka kualitas dan mutunya baik.

Disamping ditaruh dalam air, kamu juga dapat mengetes kwalitas dan mutu batu bata dengan membelahnya. Belah bata merah menjadi 2. Kalau corak merahnya rata maka mutu dan kwalitasnya bagus. Sebaliknya jika tidak menyeluruh maka dijamin buruk.

Inilah pemaparan saya mengenai manfaat batu bata untuk tembok bangunan rumah kalian.