Harga Batu bata merah di Mesjid Samarinda Seberang Samarinda

Posted on

Bata merah merupakan bahan bangunan yang dipakai untuk kebutuhan membuat, menyekat dinding suatu bangunan. Dengan makin berkembang pesatnya pembangunan, terkhusus di Samarinda, Tak dapat dipungkiri kebutuhan bata merah meningkat dari hari ke hari. Kebutuhan rumah dengan memakai bata merah ini mendorong banyak pengrajin batu bata yang ada di kota Samarinda dan seputar kota Samarinda untuk meningkatkan skala produksi batu bata merah.

Buat mencukupi permintaan masyarakat akan bata merah, para pembuat bata merah menerapkan dua metode yang lazim dilakukan dalam pembuatan batu bata. Salah satunya yang dilakukan dengan metode manual prosesnya sangat simpel dan disokong dengan alat percetakan yang simpel pula.

Buat ukuran produksi menengah dan gede, produsen batu bata saat ini ada pula yang menggunakan mesin produksi batu bata. Di berbagai wilayah di Samarinda dan seputaran Samarinda sudah ada yang membuat batu bata merah dengan metode ini. Jumlah pembuatan dengan memakai mesin ini dapat memproduksi bahan mentah mencapai 4 ribu unit perhari nya. Dengan kapasitas produksi yang gede, para pembuat memperoleh modal pembuatan yang makin ekonomis per buahnya.

Harga bata merah di Samarinda terus mengalami pasang surut harga, pada kondisi tertentu harga dapat melambung mahal jauh diatas harga wajar. Naik Turun harga batu bata ini diakibatkan oleh beberapa hal, seperti aspek pembuatan dan faktor kebutuhan pelanggan terhadap material bangunan dari tipe batu bata merah. Ketika pesanan meningkat, bisa memicu kenaikan harga, kondisi ini dikarenakan oleh kurangnya stok batu bata di pembuat.

Begitu juga sebaliknya kalau stok batu bata di pengrajin banyak, sedangkan pesanan bata merah sedikit yang dikarenakan sepinya pembangunan. Pada situasi ini harga bata merah bakal terjun bebas dari harga umum. Sebetulnya kuncinya pada situasi ini Anda melaksanakan pemesanan agar memperoleh harga batu bata merah yang terjangkau dari pembuat.

Pahami Tipe dan Kegunaan Batu bata merah

Batu bata merupakan sebuah bahan pembuat tembok. Batu bata diolah dari tanah liat yang dipanaskan atau dibakar sampai warnanya kemerah-merahan. Seiring pertumbuhan teknologi, pemakaian batu bata merah semakin lama semakin rendah. Keluarnya material anyar kaya gypsum ataupun bantang bambu yang sudah diramu, kini cenderung banyak dipilih lantaran mempunyai harga yang sedikit terjangkau dan secara model juga terlihat lebih indah.

Tetapi, banyak juga mereka yang tetap menggunakan bata merah dibanding dengan material lainnya. Bata merah nyatanya terbukti kokoh, awet, terjangkau, dan amat gampang diperoleh. Disisi lain, batu bata pun membikin ruangan dalam tempat tinggal lebih sejuk, dinding tidak gampang renteng, dan tahan api. Batu bata merah mempunyai warna yang apik dan amat natural sehingga banyak dipergunakan untuk bata tempel untuk membikin dinding yang nampak apik.

Namun dari beberapa keistimewaan diatas, ada pula kekurangan dari batu bata merah. Untuk merekatkan batu bata merah 1 dengan yang lainnya, diperlukan bahan penyatu yang cukup banyak. Pada akhirnya, ongkos yang dikeluarkan untuk perekatnya pasti tidak secuil. Disisi lain, sulit untuk membikin pasangan batu bata merah yang rapi jika memakai bata merah. Seperti misalnya pada dinding. Oleh karena itulah, butuh plester yang agak banyak untuk menghasilkan dinding yang rata. Hal ini pula menjadikan proses pengerjaan tembok menjadi lebih lama.

Type Batu bata

  1. Batu bata merah tanah liat

Batu bata merah tanah liat dipisah lagi jadi dua type, yakni:

  • Batu bata merah biasa. Batu bata biasa mempunyai rupa dan corak yang tidak rapi. Batu bata ini pun pada umumnya digunakan untuk dinding dengan menggunakan campuran semen untuk perekat. Bata merah tipe ini umumnya dikenal sebagai batu bata biasa.
  • Bata ekspos atau bermuka. Bata merah ini memiliki permukaan yang lebih rata dan memiliki corak yang sama sehingga banderolnya juga lebih mahal dibanding dengan batu bata merah biasa. Disamping dipakai buat dinding, bata ekspos juga dipakai sebagai menutup tembok dan dekorasi.
  1. Bata merah perpaduan pasir dan kapur

Pas dengan sebutannya batu bata ini dibuat dari perpaduan kapur dan pasir dengan skala 1:8. Didalam proses produksinya air dimasukan ke dalam material sehingga terbentuklah bata yang kuat. Bata ini dipergunakan pada tembok yang terendam air, yang memerlukan jenis bata yang sangat kuat dan tidak mudah terkikis.

Kelebihan bata merah

  • Dari segi komposisi bahan memiliki kekuatan yang tahan lama ketimbang batako
  • Cepat memasangnya karena tukang enggak wajib punya keahlian khusus
  • Bongkar muat lebih gampang sebab ukuran yang kecil
  • Di pengerjaan yang terbatas, lebih pas menggunakan material ini
  • Gampang diperoleh di mana saja
  • Lebih nyaman dari segi suhu ruangan karena dapat mengimbangkan dengan hawa diluar
  • Tahan dari api
  • Minim muncul retakan pada tembok
  • Tak memerlukan perekat yang khusus.

Keminesan bata merah

  • Bentuknya yang tak seragam menyebabkan kesukaran didalam membangun tembok yang rapi
  • Boros didalam pemakaian material penempel karena punya siar yang besar
  • Mudah menyerap hawa sehingga ruangan terasa panas ketika masa kemarau dan dingin pada saat musim hujan
  • Kualitas enggak dapat dilihat dengan pasti sebab diproduksi secara manual
  • Pemasangan yang tak rapi membutuhkan aplikasi bahan plester yang kandel
  • Memiliki bobot yang berat ketimbang bata ringan sehingga kudu disokong struktur yang rumit
  • Waktu pengeringannya relatif panjang dibanding bahan lainnya.

Cara memilih batu bata merah untuk dijadikan material struktur bangunan rumah

Biarpun batu bata merupakan satu dari sekian material yang dipakai dalam bangunan rumah namun bukan bermakna dapat disepelekan begitu saja. Berikut ini cara membeli batu bata merah yang oke bermutu dan berkualitas.

Lihat Skala dan Rupanya

Umumnya bata merah berbentuk kotak dengan dimensi kurang lebih 5 x 8 x 20 cm. Bata merah yang baik memiliki ciri-ciri seperti dimensinya simetris dan rupanya beraturan. Disamping itu, pori pada permukaan batu bata pun harusnya lebih rapat sehingga dampaknya tembok tak bakal cepat rembes.

Lihat kekohan dan volume gesekan

Tips kedua ini yaitu dengan membenturkan dua pcs batu bata merah. Kalau volumenya jelas maka batu bata merah itu bermutu dan berkualitas. Selain mebentur-benturkan 2 buah bata, kamu bisa juga memukul-mukulkan besi pada bata merah. Apabila suaranya terang maka kwalitas batu bata merah ini enggak perlu ditanyakan.

Merendamnya didalam air atau membelahnya

Cara lainnya untuk mengecek apakah batu bata merah yang kalian pilih bermutu dan berkuallitas atau tak adalah dengan merendamnya dalam air. Apabila didalam bebarapa menit bata merah nampak basah keseluruhan menunjukan batu bata merah tersebut jelek. Begitu juga sebaliknya, apabila sesudah diletakan dalam air tetap sedikit kering di beberapa sisinya maka mutu & kualitasnya oke.

Selain diletakan dalam air, Anda juga dapat melihat mutu dan kwalitas bata merah dengan membelahnya. Belah batu bata menjadi 2. Jika warna merahnya rata maka kualitas dan mutunya bagus. Sebaliknya jika tidak merata maka dipastikan jelek.

Demikian pemaparan kami mengenai kegunaan bata merah untuk dinding bangunan kamu.