Harga Bata merah di Tanah Merah Samarinda Utara Samarinda

Posted on

Batu bata ialah material bangunan yang digunakan untuk kebutuhan membentuk, menyekat dinding sebuah kontruksi. Seiring pertumbuhan pembangunan, khususnya di kota Samarinda, Enggak bisa dipungkiri kebutuhan batu bata melonjak dari waktu ke waktu. Pembangunan rumah dengan menggunakan bahan ini melecut beberapa pembuat bata merah yang berada di Samarinda dan seputar Samarinda untuk menaikkan kapasitas pembuatan batu bata.

Buat mengkover permintaan publik akan batu bata, para produsen batu bata merah menjalankan 2 cara yang normal dilakukan dalam pembuatan batu bata merah. Salah satu contohnya yang dilaksanakan dengan metode manual prosesnya amat sederhana dan dibantu dengan peralatan percetakan yang simpel pula.

Buat skala produksi sedang dan besar, pengrajin batu bata merah sekarang ini ada pula yang mengoperasikan mesin produksi batu bata. Di banyak lokasi di kota Samarinda dan seputar kota Samarinda sudah ada yang memproduksi bata merah dengan cara ini. Kapasitas produksi dengan menggunakan mesin ini sanggup memproduksi bahan mentah mencapai 4000 unit perhari nya. Dengan kapasitas produksi yang besar, para pengrajin mendapatkan modal produksi yang lebih ekonomis per buahnya.

Harga batu bata di kota Samarinda terus mengalami naik turun harga, pada situasi tertentu harganya akan meningkat tinggi jauh sekali di atas harga normal. Naik Turun harga batu bata merah ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti aspek produksi dan aspek permintaan konsumen pada material dari tipe batu bata. Pada Saat pesanan tinggi, bisa menyebabkan kenaikan harga, hal ini dikarenakan oleh minimnya stok batu bata merah di pengrajin.

Sebaliknya jika stok bata merah di pengrajin menumpuk, sedangkan pesanan batu bata sedikit yang dikarenakan sepinya pembangunan. Pada keadaan ini harga batu bata merah bisa turun jauh dari harga normal. Sebenarnya peluang pada keadaan ini kalian lakukan pembelian biar mendapat harga batu bata yang ekonomis dari produsen.

Pahami Tipe dan Fungsi Batu bata merah

Bata merah ialah salah satu bahan pembikin dinding. Batu bata merah terbuat dari tanah liat yang dipanaskan atau dibakar sampai warnanya merah muda. Dengan makin berkembang pesatnya jaman, penggunaan batu bata merah makin lama makin rendah. Hadirnya material baru kaya gypsum ataupun bantang bambu yang sudah diolah, saat ini cenderung banyak dipilih lantaran punya harga yang sedikit terjangkau dan secara model pun terlihat sangat indah.

Namun, masih banyak pula mereka yang tetap memakai bata merah daripada dengan material lain. Batu bata ternyata terbukti awet, kuat, murah, dan lebih gampang diperoleh. Disamping itu, bata merah juga menjadikan area dalam tempat tinggal lebih adem, dinding tidak cepat retak, dan kuat api. Bata merah punya corak yang apik dan amat alami sehingga banyak dipergunakan untuk bata pasang untuk membuat dinding yang terlihat keren.

Namun dari berbagai keunggulan di atas, terdapat juga kekurangan dari bata merah. Untuk merekatkan bata merah satu sama lain, dibutuhkan bahan penempel yang cukup banyak. Akhirnya, biaya yang dibelanjakan untuk perekatnya tentu tidak secuil. Selain itu, sulit untuk membuat pasangan batu bata yang rata apabila mempergunakan batu bata. Misalnya pada dinding. Oleh sebab itu, diperlukan plester yang agak tebal untuk memperoleh tembok yang teratur. Kondisi ini juga menjadikan proses pelaksanaan dinding menjadi makin lama.

Jenis Bata merah

  1. Batu bata merah tanah liat

Bata merah tanah liat dipisah lagi menjadi 2 kategori, yaitu:

  • Batu bata merah biasa. Bata merah biasa punya rupa dan corak yang tidak rapi. Batu bata ini pun pada umumnya dipakai untuk tembok dengan memakai campuran semen buat penempel. Bata merah jenis ini biasanya dikenal sebagai batu bata biasa.
  • Bata ekspos / bermuka. Batu bata merah ini mempunyai bentuk rupa yang lebih rapih dan memiliki warna yang sama sehingga banderolnya pun lebih tinggi dibanding dengan batu bata biasa. Disamping dipergunakan buat dinding, bata bermuka juga dipergunakan sebagai menutup dinding dan dekorasi.
  1. Batu bata perpaduan pasir dan kapur

Cocok dengan namanya batu bata ini diolah dari penggabungan kapur dan pasir dengan perbandingan 1:8. Didalam proses pembuatannya air dimasukan ke dalam bahan sehingga terwujudlah bata yang kokoh. Bata ini digunakan pada dinding yang dalam air, yang butuh jenis bata yang sangat kokoh dan tak mudah keropos.

Kelebihan batu bata merah

  • Dari segi komposisi bahan memiliki kekuatan yang awet dibandingkan bata batako
  • Gampang mengesetnya karena tukang enggak harus memiliki kemampuan khusus
  • Pengiriman lebih simpel karena dimensi yang mini
  • Pada pengerjaan yang sempit, lebih pas mempergunakan bahan ini
  • Mudah diperoleh dimanapun
  • Adem dari sisi fentilasi karena bisa menyesuaikan dengan udara diluar
  • Kuat terhadap api
  • Jarang muncul retakan pada tembok
  • Enggak memerlukan penyatu yang khusus.

Kelemahan bata merah

  • Rupanya yang tidak seragam memunculkan kesusahan dalam membikin dinding yang rata
  • Boros didalam penggunaan material penyatu sebab punya siar yang gede
  • Gampang menyimpan hawa sehingga ruangan terasa panas saat masa kemarau dan dingin saat waktu penghujan
  • Mutu enggak dapat diketahui secara pasti karena diproduksi secara tradisional
  • Pemasangan yang enggak rapi mengharuskan penerapan bahan plesteran yang tebal
  • Mempunyai beban yang berat ketimbang bata ringan sehingga harus ditopang desain yang susah
  • Masa pengeringannya cenderung lama daripada bahan yang lain.

Tip membeli batu bata merah untuk menjadi bahan kontruksi bangunan

Walaupun batu bata jadi 1 dari beberapa bahan yang dibutuhkan untuk bangunan namun tidak bermakna bisa disepelekan begitu saja. Dibawah ini tips membeli batu bata yang baik bermutu dan berkualitas.

Perhatikan Ukuran dan Bentuknya

Pada umumnya batu bata wujudnya balok dengan dimensi antara 5 x 8 x 20 cm. Batu bata yang oke punya ciri diantaranya skalanya simetris dan bentuknya beraturan. Disisi lain, pori pada atas batu bata pun seharusnya agak dekat sehingga dampaknya tembok tidak akan cepat rembes.

Lihat kekohan dan volume benturan

Tips kedua ini adalah dengan membentur-benturkan 2 buah batu bata. Kalau suaranya nyaring maka bata merah tersebut berkualitas dan bermutu. Selain benturan antar bata, kalian bisa pula memukul-mukulkan besi pada batu bata merah. Bila suaranya jelas maka kualitas batu bata merah tersebut enggak usah ditanyakan.

Meletakannya dalam air ataupun memecahkannya

Tip lain untuk mengetes apakah bata merah yang kamu pilih berkuallitas & bermutu atau tidak ialah dengan merendamnya didalam air. Apabila didalam sekian menit batu bata terlihat basah semuanya berarti batu bata tersebut jelek. Begitu juga sebaliknya, apabila sehabis direndam dalam air masih sedikit kering di beberapa sisinya maka mutu dan kwalitasnya oke.

Disamping direndam didalam air, kamu pun bisa melihat mutu & kualitas batu bata dengan membelahnya. Belah batu bata menjadi 2. Bila corak merahnya menyeluruh maka kualitas & mutunya bagus. Sebaliknya bila enggak merata maka dipastikan buruk.

Inilah uraian kita mengenai fungsi batu bata merah untuk dinding rumah Anda.